Minggu, 23 Juni 2013

Tragedi patriot dan pemberontakan Kahar Muzakkar


Judul buku : Tragedi patriot dan pemberontakan Kahar Muzakkar
Penulis : Syafaruddin Usman Mhd
Terbit : 2009
Penerbit : Pustaka Narasi
Tebal buku : 157 halaman
Berat buku : 250 gram 
ISBN : 9789791681902
Harga toko : Rp. 28.000
Harga di buku murah gila : Rp. 20.000 (hemat Rp. 8.000)
Kondisi : Baru (segel)

Sinopsis
Sedjak masa kecil saja tidak pernah ditundukkan oleh lawan-lawan saja dalam perkelahian dan sedjak dewasa saja tidak pernah mendjadi "Pak Toeroet" pendapat seseorang di luar adjaran Islam."

Kalimat di atas merupakan penilaian tentang diri Kahar Muzakkar dari temannya. Dalam kancah sejarah, nama Kahar Muzakkar memang dikenal cenderung antagonis. Tokoh Islam garis keras, pemberontakan yang tak pernah mau mengalah, provokator, dan sisi buruk lainnya.

Akan tetapi, walaupun dikenal sebagai sosok antagonis, bukan berarti Kahar Muzakkar tidak memiliki sisi lain. Beberapa orang yang mengenalnya menyatakan kalau pemberontakan yang dilakukan merupakan perjuangan (memberontak RI) atas kepentingan rakyat.
Bukan kekuasaan. Ada juga yang mengatakan bahwa yang dibenci bukan orang Jawa secara keseluruhan, tapi Jawa yang komunis.

Tidak saja orang-orang yang mencoba menggambarkan dirinya. Dirinya sendiri juga mencoba ikut menggambarkannya dalam buku Tjatatan Bathin Pedjoang Islam Revolusioner dengan mengeja namanya. Abdul artinya "hamba", Kahar artinya "Tuhan yang gagah perkaa", dan Muzakkar artinya "jantan". Jadi, Abdul Kahar Muzakkar berarti "Hamba Tuhan yang gagah perkasa dan jantan", demikian tulisnya.

Buku Tragedi Patriot Pemberontakan Kahar Muzzakar ini berupaya menggambarkan sosok Kahar Muzakkar seutuhnya. Baik yang dikenal dari sisi kontroversialnya maupun yang sisi lainnya. Apa dan bagaimana sosok Kahar Muzakkar itu?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 BUKU MURAH GILA!!!. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates