Sabtu, 04 Agustus 2012

Bung Sultan: Bunga Rampai Esai Tentang Lelaku Priyayi Jawa



Judul buku : Bung Sultan: Bunga Rampai Esai Tentang Lelaku Priyayi Jawa
Penulis : RPA Suryanto Sastroatmodjo.
Terbit : 2008
Penerbit : Tiara Wacana
Tebal buku : 230 halaman
Berat buku : 300 gram 
ISBN : 979-1392-02-1
Harga toko :Rp. 49.000
Harga di buku murah gila : Rp. 45.000 (hemat Rp. 4000)
Kondisi : Baru (non segel)

 Sinopsis

Bung Sultan!

Itulah panggilan penulis buku ini di kala kecilnya kepada Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) IX. Bung Sultan pula yang membujuknya agar merantau ke Yogya. Akhirnya, RPA Suryanto Sas?troatmodjo bukan sekedar melarungkan jalan nasibnya di Yogyakarta, melainkan juga merekam kiprah kulturalnya melalui berbagai tulisannya. Buku ini hanyalah satu dari sekian naskah karyanya. Di dalam buku ini terhimpun tujuh belas esai karya RPA Suryanto Sas?troatmodjo.

Bagaimanakah dan dalam bentuk apa sajakah lelaku para priyayi Jawa? Melalui penyajian yang santai dan akrab, penulis buku ini mengajak pembaca bertualang ke berbagai laku atau tirakat, dan ke sejumlah bacaan dan riwayat yang sebagian besar sebagai tetenger dari lelaku priyayi Jawa, seperti tentang perkumpulan trah; tentang gugat batin (dengan cara misalnya tapa wuda; tapa ngidang, tapa kungkum); tentang menyantuni kelompok palawija; tentang kiprah perempuan Jawa seperti RA Kartini, RA Srimulat; tentang patriotisme ketika melawan Kompeni, dan masih banyak lagi.

Lelaku priyayi tersebut bermuara pada dua orientasi hidup, yakni apakah untuk kamukten (lahiriah), ataukah untuk kamulyan (batiniah). Pada esensinya, kedua orientasi hidup ini merupakan wujud dharma kepada peradaban umat manusia, sehingga sang pelaku memperoleh ?pencerahan? agar hidupnya menuju sangkan paraning dumadi (Tuhan yang Maha Esa).

Kehadiran buku yang memuat rajikan esai lelaku dalam budaya Jawa ini diharapkan dapat mengenalkan sekaligus menambah wawasan bagi masyarakat luas, serta masyarakat Jawa pada khususnya, dalam mengenali dan menjalankan pilar-pilar kearifan hidup.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2012 BUKU MURAH GILA!!!. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates